Istilah dalam mikrobiologi

Posted by

Istilah dalam mikrobiologi

Beberapa istilah serta pengertian yang digunakan dalam mikrobiologi. Hal ini berhubungan dengan masalah mematikan, menghambat pertumbuhan dan 

menyingirkan miroorganisme adalah sebagai berikut :
1. Sterilisasi
Istilah dalam mikrobiologi yang disebut strerilisasi  memiliki arti dapat membebaskan tiap benda atau substansi dari semua kehidupan dalam bentuk apapun. Pada tujuan apapun, mikrobiologi dalam usaha mendapatkan keadaan steril. Mikroorganisme tersebut dimatian dengan beberapa cara seperti panas, gas-gas, maupun sinar gamma. Mikroorganisme dapat juga disingkirkan dengan cara mekanik oleh sentrifugasi kecepatan tinggi oleh filtrasi.

2. Disinfeksi
Disinfeksi merupakan istilah dalam mikrobiologi  yang berarti mematikan atau menyingkirkan organisme yang dapat menyebabkan infeksi. Meskipun dengan melakuan disinfeksi dapat dilakukan dengan cara steril. Disinfeksi dapat dilaksanakan dengan menggunakan zat-zat kimia seperti fenol, formaldehide, lor, iodium, atau sublimat. Pada umumnya disinfeksi dimaksukkan untuk mematikan sel-sel vegetatif yang lebih sensitif tetapi bukan pada spora-spora yang tahan panas.

3. Disinfektan
Disinfektan merupakan istilah dalam mikrobiologi yang berart menggunaan suatu bahan untuk melakukan disinfeksi. Seringkali dijadikan sebagai sinonim dari antiseptik. Pada umumnya penggunaan kata disinfektan dan disinfeksi biasanya ditujuan terhadap benda-benda mati seperti piring, lantai maupun pakaian.

4. Antiseptika
Antiseptika merupakan istilah dalam mikrobiologi yang memiliki arti hampir sama dengan disinfeksi, yaitu bahan-bahan yang dapat mematikan ataupun menghambat mikroorganisme, khususnya yang berkontak dengan tubuh tanpa mengakibatkan kerusakan yang besar pada jaringan.

5. Bakteriostatika
Istilah ini mengandung arti mempunyai sifat menghambat multipikasi, akan tetapi bila zat penghambat itu dihilangkan maka multipikasi dilanjutkan kembali.

6. Bakterisida
Bakterisida adalah sebuah zat atau agen yang dapat membunuh atau memusnahkan bakteri.

7. Bakterin
Istilah dalam mikrobiologi yang baru didapatan yaitu bakterin. istilah merujuk pada sebuah vaksin yang dibuat dari bakteri yang mati dan dapat 

menimbulkan kekebalan tubuh  terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri jenis itu.

8. Bakteriosilin
Istilah dalam mikrobiologi ini merupakan suatu jenis antibodi yang terbentuk dalam darah dan dapat menghancurkan bakteri.

9. Bakteriolisis
Merupakan pembasmian dan pelarutan bakterium.

10. Bakteriostatis
Pencegahan atau penghentian pertumbuhan bakteri.

11. Bakteriostat
Merupakan sebuah substansi atau agen yang menghambat pertumbuhan atau perkembanganbiakan bakteri misalnya golongan sulfonamida.

12. Bakterisidal
Merupakan kemampuan untuk membunuh atau memusnahkan bakteri

13. Bakteritik
Merupakan sifat atau karakter yang ditimbulkan oleh bakteri

14. Bakteriuria
Istilah jika terdapat bakteri yang terdapat dalam urin.

15. Septik
istilah yang berhubungan dengan sepsis

16. Septikemia
Merupakan Persistenal dan multipikasi bakteri yang hidup dalam darah.

17. Sepsis
Istilah mikroorganisme berupa status toksis disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme yang dapat merusak setelah brkontak dengan jaringan yang 

manghasilkan nanah.

18. Aseptis
Dalam arti sempit, aseptis menujukkan pada keadaan tidak adanyan mikroorganisme dalam jaringan hidup atau dengan kata lain tidak terapat pembusukan. 

Tetapi istilah asepsis biasanya digunakan untuk teknik pergerjaan dalam menghindari adanya mikroorganisme yang tidak dikehendaki terdapat dalam 

lingkungan pengamatan.

Sumber :
Menguak Dunia Mikroorganisme, 2013.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 04.16

0 komentar:

Posting Komentar