SEL EUKARYOTIK

Posted by

Hasil gambar untuk sel eukariotikSel eukaryotik berbeda dengan sel prokaryotik. Sel eukaryotik ini mempunyai inti sel yang jelas karena inti sel ini mempunyai dinding atau membran inti. Sel-sel eukaryotik ini mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda tergantung dari jenis dan fungsinya masing-masing. Sel eukaryotik ada yang mempunyai bentuk tetap, ada yang mempunyai bentuk tetap, ada pula yang bentuknya dapat berubah-ubah seperti sel leukosit, amoeba, dan lainya. Sel yang berbentuk tetap misalnya sel spermatozoa, sel saraf, eritrosit, sel epitel, sel tanaman dan lainnya.

Bentuk dari sel pada umumnya tergantung terutama dari fungsi dari sel dan juga tergantung dari tega permukaan membran sel, viskositas sitoplasma, rigiditas membran plasma, pengaruh mekanis dari sekitarnya. Ukuran sel eukaryotik sangat bervariasi, sel hewan yang terkecil mempunyai diameter 4 mikron dan yang tersebar sampai beberapa sentimeter misalnya yang berbentuk telur berbagai macam burung yang sebenarnya berupa satu sel.

Pada umumnya ukuran sel tidak tergantung dari besarnya individu misalnya sel-sel ginjal kuda dan tikus mempunyai ukuran yang sama walaupun besarnya ginjal kuda dan tikus berbeda banyak. Demikian pula ukuran sel bayi dan manusia dewasa pada dasarnya adalah sama. Besar kecilnya individu atau jaringan tubuh makhluk hidup tidak tergantung dari volume selnya akan tetapi tergantung dari jumlah sel yang menyusunya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.43

0 komentar:

Posting Komentar